Penyebab Laptop Sering Rusak Dan Cara Mengatasinya

Tags


Peneyabab Lapto Sering Mengalami Kerusakan dan Bagaimana Cara Mengatasinya- Saat ini hampir semua kalangan mempunyai laptop, dulu banderolnya masih tinggi dan hanya orang berekonomi menengah ke atas yg bisa membelinya. Kalau kini kan sudah murah meriah bahkan pelajar SDpun sudah banyak yg mempunyai laptop.



Rangkuman Artikel ini
1. Kerusakan pada umumnya
2. Penyebab kerusakan 

Banyaknya pengguna laptop menciptakan problematika mengenainya, aku sendiri mempunyai laptop yg di belikan bapak aku sudah berusia sekitar 5 tahunan dan sudah mengalami aneka macam duduk masalah yg sudah diselesaikan kesannya masih sangat berfungsi, namun yg sudah tidak bekerja sebagai mestinya yaitu ketahanan battrey laptop. Dulu aku memakainya sembarangan, buat main game, online sepanjang malam bahkan aku tinggal tidur laptop dalam ke adaan menyala. Battrey tidak aku copot lantaran tidak bisa nyala kalau tidak di colokkan kelistrik. Sebelumnya sudah aku coba untuk melepas batrey laptop dan pribadi di colokin ke colokan tetapi tidak mau nyala jadi terpaksa aku ikutkan batreynya ketika mengoprasikan laptop kesaygan sambil aku cas.

Mungkin banyak di antra kita yg menggunakan laptop tapi tidak bisa menjag dan merawat laptop sehingga menjadi rusak, terutama di ke awetan battrey. Pada umumnya kerusakan laptop yg aku jumpai dari milik aku dan teman-teman aku yaitu hardisk dan battrey yg tidak awet. Saya bertanya pada diri sendiri, apa ya penyebabkan laptop itu cepat rusak? kesannya aku mulai mengamati dan survey secara kecil-kecilan mengenai penyabab kerusakan yg pada umumnya terjadi pada laptop, aku bertanya pada teman-teman aku yg punya laptop dan orang yg jago dalam reparasi laptop, kesannya kini aku bisa merangkumkan pengamatan aku dalam artikel ini.

Kerusakan Laptop Pada Umumnya

Ada beberapa kerusakan laptop yg sering terjadi dan aku jumpai di kawasan reparasi laptop, dan hampir semuanya sudah aku alami, berikut ini aku tuliskan ceritanya pada sobat semua. 

1. Sistem Oprasi (OS) Error kejadian ini terjadi lantaran terjadi agenda yg error di sistem oprasi yg kita gunakan. Biasanya keluhan dari para pengguna yaitu lambatnya perintah yg di respon oleh OS (lemot), sering terjadi not responding dan kadang OS tidak mau booting atau mengulang-gulang sestart.
Penyabab rusaknya Sistem Oprasi yaitu :
  • Terlalu banyak software yg di install pada komputer sobat, setiap laptop ada kapasitas masing-masing, jadi sesuikan penggunaan software biar tidak cepat rusak.
  • Virus yg menginfeksi Os sanggup menciptakan OS menjadi error dan rusak, kerena virus bisa mengubah data yg ada di registry.
  • Registry yg menumpuk dan tidak di hapus juga sanggup menciptakan kerja OS menjadi lamban, cara menghapus ikuti langkah sbb: Run : C:\windows\Prefetch kemudian delete. 
  • Kurangnya perawatan (maintenance) ibarat backup data, membersihkan virus atau registry yg tak terpakai.
  • Sering mengclouse agenda yg aktif secara paksa
  • Terakhir OS dan software yg di instal palsu 
Sekarang sobat sudah mengertikan beberapa penyebab mengapa OS sering error atau mulfungsi, mulai dari kini rawat baik-baik Os yg sobat gunakan. Jangan menginstal software yg tidak penting atau jarang sobat gunakan biar kerja Os stabil dan cepat. Okey Next topik.

2. Battrey Yang Tidak Awet ini juga aku alami sendiri. Batrey rusak bisa jadi disebabkan oleh penggunaan laptop dengan sambil mengecas (charge) secara bersamaan. Faktanya memang benar, kalau mengecas laptop sambil mengoprasikannya akan menciptakan arus bertabrakan di dalam batrrey, energi masuk dari luar dan battrey juga harus mengeluarkan tegangan untuk mengoprasikan laptop, ini menciptakan battrey menjadi panas dan lama-lama akan menjadi soak atau tidak bisa menyimpan tegangan lagi ibarat semula.

Di lain masalah tidak hanya mengecas sambil menggunakan laptop saja yg menciptakan battrey menjadi cepat rusak. Seorang sahabat karib aku pernah menceritakan pengalamannya mengenai laptop barunya yg mengalami kerusakan pada battrey laptopnya, ceritanya, sahabat aku mengecase battrey laptopnya hingga penuh, alasannya lantaran beliau hendak memaketkan laptopnya dari batam kelpualu jawa, dan tidak mengoprasikannya selama 1 bulan, singkat kisah 30 hari telah berlalu battrey penuh namun masih terpasang pada laptop, ketika sahabat aku mencoba menyalakan laptopnya ternyata laptopnya tidak mau menyala, dan kesannya beliau mencas battrey laptopnya tapi tidak penuh-penuh, sehabis di cabut dari listrik tetap tidak mau hidup. Heem sahabat aku jadi resah dan sedikit panik, kenapa ya laptop saya, padahal masih baru. Setelah itu beliau mecopot battrey dari laptop dan menggunakan kabel casannya pribadi ke sumber listrik dan laptop kembali menyala tanpa battrey terpasang pada laptop.

Saya juga mendengar dari seorang guru komputer waktu smk dulu bahwa laptop jikalau dipakai dalam keadaan di cas akan cepat rusak, dan ketika tidak mengoprasikan alat elektronik untuk jangka waktu sebulan sebaiknya batrey di lepas dari kawasan dan biarkan battrey dalam ke adaan tidak berisi daya penuh.

Kesimpulannya janga menggunakan lapto sobat dalam keadaan di cas dan lepaskan battrey ketika tidak menggunakannya selama 1 bulan, jangan lupa untuk tidak mengisi daya battrey ketika di tinggal.

Cara mengatasinya yaitu dengan membeli battrey baru, lantaran battrey yg sudah rusak belum bisa di perbaiki. Saran aku beli yg cukup berkualitas biar awet.

3. Hardisk Internal Error Kasus ini yg paling menyakitkan, tanda-tanda dari kerusakan ini tiba-tiba OS laptop restar sendiri tanpa ada perintah, adakala ketika membuka file di disk D dan E sulit dan butuh loading yg lama, Saat mengcopy file yg besar sangat usang dan kadang sering gagal. Ketika sobat mengalami hal ibarat di atas sebaiknya segera mengcopy file penting anda ibarat data-data kenang-kenangan, kiprah dan lain sebagainya yg berdasarkan sobat penting ke flaskdisk atau hardisk eksternal untuk menyelamatkannya. Karena bisa jadi dalam waktu erat laptop OS akan terus merestart tanpa memberi kesempatan pada anda untuk menyelamtkan file yg ada. 

Peneyabab Lapto Sering Mengalami Kerusakan dan Bagaimana Cara Mengatasinya Penyebab Laptop Sering Rusak Dan Cara Mengatasinya


Kerusakan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, naasnya aku tidak bisa menyelamatkan file kesaygan saya, kenang-kenangan hilang besama hardisk internal saya. Penyebab rusaknya hardisk internal lantaran goncangan-goncangan pada PC atau laptop sobat masih dalam keadaan menyala, kok bisa? sobat tau didalam hardisk itu ada piringan tipis yg berfungsi untuk menyimpan data kita, ketika dalam keadaan menyala piringan itu berputar dengan cepat pada porosnya, ketika menerima goncangan dari penggunaannya akan menciptakan piringan tergores dan posisi piring bisa miring. ketika sudah miring putaran hardisk semakin usang semakin lamban, ketika kecepatan putaran sudah lamban maka agenda komputer tidak bisa membaca hardisk yg digunakan. Kalau sudah begini OS tidak bisa beroprasi dan al hasil akan selalu restart.

Cara mencegahnya, jangan mengoncang-goncangkan laptop ketika sedang menyala terlalu sering, kedua bila laptop mati mendadak lantaran listrik yg padam jangan menggerakkan laptop hingga anda menghidupkannya lagi dan mematikan lapto sesuai prosedur. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti hardisk internal yg baru. Ada pertanyaan, bagaimana jikalau hardisknya kita perbaiki? Bisa saja tapi sangat rumit dan jikalau berhasil biayanya akan mahal dan butuh waktu yg lama, resikonya tidak ada garansi pemakaian.

Demikian pembahasan mengenai Penyab Laptop Sering Rusak Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikelnya.

Artikel Terkait