3 Penyebab Ban Motor Sering Bocor

Tags

Hari ini saya akan membuatkan pengalaman dengan para teman petualangan 3 Penyebab Ban Motor Sering Bocor

3 Penyebab Ban Motor Sering Bocor - Hari ini saya akan membuatkan pengalaman dengan para teman petualangan, Ban sepeda motor saya yg bocor dikala pergi mencari ATM di Dinoyo. Setelah pulang dari kampus saya berjalan sekitar 3 km dari rumah kekampus untuk mencari kawasan tambal ban, hasilnya sehabis cepek berkeliling saya menemukan kawasan yg saya cari itu tidak begitu jauh dari rumah hanya berjarak kurang lebih 500 m tidak sejauh ke kampus saya. Sesampai ditempat penambalan saya eksklusif bertanya " pak bisa tambal ban?" bapak yg menjaga kawasan itu  yg saya pikir memang yg bekerja disitu " Ia maz silahkan " sepeda motor saya eksklusif saya masukkan ketempat penambalan ban itu.
Pak Ari sebutannya, sembari ia menyidik ban motor depan yg bocor, saya berkenalan dengannya. Pak ari memiliki 5 orang anak dan usianya kini sudah 59 tahun, memang sudah cukup renta di usianya kini tapi tetap masih punya tenaga untuk membongkar ban -ban pelanggan yg bocor. Setiap hari ia selalu menambal ban para pengguna sepeda motor , ia juga berkata "paling sedikit saya menerima uang perhari sebebsar 30 rb maz" cukup tidak mengecewakan ya sobat. Profesi ini sudah dia tekuni kurang lebih sudah 15 tahun yg kemudian sehabis dia berhenti dari proyek sidoarjo menjadi karyawan disana.
"Maz ini bannya kelipat karna kurang angin tetap dipake terus, coba liat ni lubangnya. Saya hafal sudah maz dimana saja ban yg bocor dan karna apa" hehehe memang benar sih kemaren waktu masih kempes saya pake kuliah dan mondar mandir. Lalu saya jadi kepikiran apa saja sih yg menjadi Penyebab Ban Motor Sering Bocor kepada pak Ari. Kemudian pak ari menawarkan jawabannya yg saya ringkas untuk teman pahami :

 3 Hal Yang Menjadi Penyebab Ban Motor Sering Bocor


  1. Ban Kempes (kekurangan angin) Tetap di Pake Terus dalam kondisi ini ban yg kempes akan melipat karna udara didalam ban tidak bisa menahan beban motor dan penumpangnya, apa lagi kalau melewati polisi tidur atau lubang yg ada di jalan-jalan. Ban yg terlipat ini akan berbenturan dengan pilek (kerangka ban yg terbuat dari metal) sehingga karet ban berpotensi untuk membuat lobang kecil, jikalau dibiarkan terus menerus bisa bocor, punya saya aja bocornya dua kemaren dikala ditambal. Maka dari itu sebaiknya teman terus rutin mengecek kondisi sepeda motor sebelum bepergian, menyerupai kondisi ban (angin dan ketebalan ban luar) reting, materi bakar, klakson, rem depan belakang, lampu dan lain-lain.
  2. Terkena Paku Biasanya bencana ini terkena pada penggalan ban belakang untuk ban depan jarang terjadi masalah menyerupai ini, karna ban depan beban yg di tanggung tidak seberat ban belakang. Bisa saja yg depan kena paku tapi butuh paku yg taja sekali untuk membocorkan ban depan. Untuk mencegah terjadinya bocor lagi sehabis ditambal, mintalah ke tungkang bengkelnya " pak tolong diperiksakan kondisi ban luar, apakah masih ada paku yg tertancap kedalam" ini berfungsi semoga ban tidak bocor sehabis di tambal.
  3. Kualitas Ban Yang Jelek Nah ban yg tidak bermutu biasanya sering mengalami bocor, karna karet gampang melar dan tidak berpengaruh untuk menahan beban. Biasanya kasusnya dikala ban ditambal menjelang beberapa hari kemudian sudah bocor lagi. Sebaiknya beli ban gres namun lebih berkualitas, bilang sama tukang bengkelnya " Pak ganti ban dalem yg cantik ya" biasanya bapak atau maz yg berbengkel sudah mengerti ban mana yg cantik kualitasnya.
kesimpulannya periksa kondisi motor termasuk ban sebelum berkendar, kenali ban bocor karna paku untuk memastikan ban tidak bocor lagi sehabis di tambal dan yg terakhir pakailah ban yg berkualitas untuk menjaga ke awetan ban. Semua stetmen di atas saya dapatkan dari interview dan melihat bencana yg saya alami dikala menambal ban. semoga bermanfaat, jikalau ada yg ingin tahu cara menambal ban silahkan meninggalkan komentar nanti insya@ akan saya tuliskan tutorialnya. Sampai jumpa :-)

Sumber Gambar :thalibblackchaos.blogspot.com

Artikel Terkait